Senin, 11 Januari 2010

membuat web server dengan XAMPP


Apache Friends - XAMPPMenyambung tulisan sebelumnya, Membuat Web Server Sendiri, kali ini satu langkah kedepan. PHP, MySQL dan Apache sekali install dengan aplikasi XAMPP. Bahkan dalam XAMPP sudah termasuk FTP Server dan Email Server. So, gak ada alasan untuk gak jatuh cinta sama XAMPP.Semua hal tentang XAMPP dan dokumentasinya dapat anda lihat di web Apache Friends. XAMPP dapat berjalan di Windows maupun Linux bahkan di Mac OS dan Solaris. Kelamaan yach? ayoo kita mulai install XAMPP under windows.

Pastikan anda telah memiliki file instalasi XAMPP, per 22 Jan 07, stable release dari XAMPP adalah versi 1.6.5. Filenya bisa langsung di download atau klik di sini


Selanjutnya jalankan aplikasi tersebut, dan ikuti petunjuk instalasi. Selengkapnya dapat dilihat pada gambar-gambar di bawah.

1. Jalankan XAMPP yang telah di download. Akan muncul pilihan bahasa yang akan digunakan dalam instalasi. Bahasa default adalah Bahasa Inggris, namun jangan khawatir Bahasa Indonesia juga ada. Tinggal pilih aja kemudian klik Ok untuk ke langkah berikutnya.

2. Pada tahap ini akan muncul Welcome Notes dari Developer. Tekan Next untuk melanjutkan instalasi.

3. Pilih Folder Instalasi program, Secara default file program diarahkan ke “C:/Program Files/xampp/. Namun anda dapat mengarahkan ke folder lain. Tekan Next untuk tahap selanjutnya.

4. Selanjutnya adalah proses instalasi berupa penyalinan file ke folder tujuan dan folder-folder lain yang diperlukan.

5. Klik finish jika proses instalasi telah selesai.

6. Selanjutnya akan muncul “Install XAMPP Server as Service?” Pilih yes. Begitu juga apabila muncul Pertanyaan Install Apache2 as Service? Pertanyaan yang sama juga akan muncul untuk PHP dan MYSQL.


7. Start Server? Terserah anda. Pilih yes tentunya jika anda ingin melihat apakah server anda berjalan dengan harapan anda bukan?

8. Auto Start Service? pilih yes. Dengan Auto Start web server lokal kita selalu aktif. Jadi tak perlu melakukan start secara manual setiap kali kita menyalakan komputer.

9. Tra la la la, Sampai di sini sebenarnya proses instalasi selesai. Namun XAMPP memberikan opsi lanjutan yaitu apakah kita akan membuka XAMPP Control Panel atau tidak? pilih yes jika ingin membuka atau no jika ingin cukup sampai di sini.

10. Jika pada tahap di atas anda memili untuk membuka XAMPP Control Panel, maka anda dapat melihat apakah server berjalan. Melalui XAMPP control panel, anda dapat melakukan start dan stop aplikasi server anda.

11. Terakhir, walaupun dari XAMPP Control serevr telah running, namun kita perlu melihat hasilnya. Klik http://localhost/ di browser anda. Apabila sukses, halaman default dari XAMPP seperti di bawah.

Yeah, selesai. Webserver anda telah terinstall.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar